March 12, 2012

Le Ballon Rouge (1956)


Le Ballon Rouge (1956)
The Red Balloon



 





Seorang anak laki-laki bernama Pascal (Pascal Lamorisse) menemukan sebuah balon merah ketika akan berangkat sekolah. Balon tersebut mengikutinya kemana pun dia pergi, menyusuri jalanan di kota Paris. Namun, sekelompok anak laki-laki mencoba untuk merebut balon tersebut.

 
 

Wow!!
Klasik dan sungguh sangat bagus. Dua jempol diacungi untuk film yang dirilis di tahun 1956 ini. Bayangkan, tahun segitu, film ini sudah luar biasa hebat dan membuat kita berdecak kagum. Jujur, aku pribadi tidak tahu bagaimana membuat efek balon tersebut seolah seperti benar-benar hidup dengan mengikuti kemana pun si anak laki-laki tersebut pergi. Mungkin menggunakan benang tipis yang tidak kelihatan di kamera atau menggunakan teknik lain yang dikatakan cukup hebat di kala itu.

 

Kalau tidak melihat setting yang diambil, serasa tidak percaya kalau film ini dibuat tahun 1956. Yah, mungkin percaya juga karena film dengan durasi 35 menit ini sangat minim dialog dan adegannya lebih banyak diisi oleh scoring musik.

 

Menonton film ini membuat kita ingin kembali ke masa anak-anak lagi, dimana kita merasakan dunia anak-anak yang penuh kepolosan dan bermain. Kita akan dibuat gemas ketika adegan Pascal dikejar oleh sekelompok anak laki-laki dimana kita seperti merasakan sendiri adegan tersebut dan mungkin kita pernah mengalaminya ketika kita kecil.

 

Kita pun akan dibuat tersenyum dengan tingkah polos Pascal. Bahkan mungkin akan tertawa ketika adegan sang kepala sekolah yang diikuti si balon dan membuatnya jadi kesal sendiri. Si balon pun seperti ingin mengatakan bahwa tidak selamanya orang dewasa itu benar dalam segala hal. Terkadang, orang dewasa perlu belajar dari anak-anak.

  

Akhirnya, film ini akan menjadi salah satu film favoritku sepanjang masa dengan nuansa klasiknya yang sangat indah. Recommended!

  











No comments:

Translate

Waiting Lists

Sur mes lèvres.jpg Dark, brown-tinted and horror-themed image of a man in an asbestos-removal suit (to the right side of the poster), with an image of a chair (in the middle of the image) and an image of a large castle-like building at the top of the image. The text "Session 9" is emboldened in white text in the middle of the image, and near the bottom of the image is written, "Fear is a place." Lisbeth Salander with Mikael Blomkvist The Girl Who Played with Fire.jpg Page turner.jpg Le trou becker poster3.jpg Nightwatch-1994-poster.jpg Headhunter poster.jpg On the Job Philippine theatrical poster.jpg The Song of Sparrows, 2008 film.jpg The-vanishing-1988-poster.jpg Three Monkeys VideoCover.png