May 20, 2012

Bicycle Thieves (1948)

Bicycle Thieves (1948)
[Ladri di biciclette]






Director :  Vittorio De Sica
 Release date(s) : November 24, 1948
 Running time : 93 minutes 
Country : Italy

Starring : 
Enzo Staiola
Lianella Carell
Gino Saltamerenda
Vittorio Antonucci




Classic is never die!
Dengan menampilkan tema cerita yang ringan, The Bicycle Thief mampu menyuguhkan sajian yang menarik serta memukau untuk dinikmati. Bercerita tentang seorang pria pengangguran bernama Antonio Ricci yang mendapat tawaran pekerjaan untuk menempelkan poster di kota. Untuk memperoleh pekerjaan itu, syaratnya dia harus mempunyai sebuah sepeda. Demi keluarganya, dia pun rela menukar barang yang dimilikinya dengan sebuah sepeda. Suatu hari, ketika sedang bekerja menempelkan poster Rita Hayworth, sepedanya dicuri. Bagaimana pun caranya, Antonio harus mendapatkan sepedanya kembali supaya tidak kehilangan pekerjaannya. Bersama anak sulungnya,  Bruno, mereka berdua memulai petualangan mencari sepeda tersebut.



Seru sekali menyaksikan petualangan ayah dan anak dalam mencari sepeda di kota Roma tersebut. Banyak hal yang terjadi dan diluar perkiraan. Bahkan terkadang akal sehat pun bisa lenyap seketika jika keadaan memaksa. Vittorio De Sica sebagai sang sutradara mengarahkan para pemainnya yang aslinya memang bukan para aktor, melainkan orang-orang biasa, dengan sangat baik. Lamberto Maggiorani  yang berperan sebagai Antonio aslinya hanyalah seorang buruh pabrik. Sica memang membuat filmnya terlihat realistis seperti apa yang memang terjadi dalam kehidupan sehari-hari dan siapa pun bisa mengalami apa yang terjadi pada Antonio. Hal tersebut justru makin membuat kesan mendalam bagi yang menontonnya.
 
 


Sica juga menampilkan sisi kehidupan berbagai golongan masyarakat. Kalangan bawah diwakilkan dengan kehidupan keluarga Antonio dengan sangat real. Untuk kalangan ke atas, disajikan dalam scene dimana Antonio beserta Bruno makan di sebuah restoran. Bruno merasa iri ketika melihat seorang anak perempuan sebayanya yang makan makanan mahal dan dia pun ingin merasakan hal yang sama. Lalu sang ayah berkata, "To eat like that, you'd have to earn at least a million a month."




Dengan banyak menampilkan adegan yang sederhana dan realistis, film ini malah mampu menciptakan banyak memorable scenes. Hal seperti ini banyak ditemui dalam film-film Iran saat ini. Dan akhirnya, film ini telah menjadi salah satu film Italia terbaik sepanjang masa. Bahkan menjadi one of the best movie ever!








 





















































































1 comment:

Timothy Stevano said...

Tai bener nih film sedihnya, pas adegan Antonio nyolong sepeda orang, terus muka anaknya yang unyu2 kemayu itu kaget ngeliat bapaknya nyolong sepeda, adegan babi itu sukses bikin gw nangis ampe ingus beleleran, anjing budug bener emang si Vittorio de Sicca.

Translate

Waiting Lists

Sur mes lèvres.jpg Dark, brown-tinted and horror-themed image of a man in an asbestos-removal suit (to the right side of the poster), with an image of a chair (in the middle of the image) and an image of a large castle-like building at the top of the image. The text "Session 9" is emboldened in white text in the middle of the image, and near the bottom of the image is written, "Fear is a place." Lisbeth Salander with Mikael Blomkvist The Girl Who Played with Fire.jpg Page turner.jpg Le trou becker poster3.jpg Nightwatch-1994-poster.jpg Headhunter poster.jpg On the Job Philippine theatrical poster.jpg The Song of Sparrows, 2008 film.jpg The-vanishing-1988-poster.jpg Three Monkeys VideoCover.png