October 25, 2012

Wait Until Dark (1967)

Wait Until Dark (1967)







Wait Until Dark (1967)
Crime | Drama | Horror

Director : Terence Young
Release date(s) : October 26, 1967
Running time : 108 minutes
Country : United States
Language : English

Starring :



Setelah menonton The Spiral Staircase, saya merasakan sensasi menegangkan ketika menontonnya dan saya tertarik untuk menonton film lain dengan tema sejenis. Tapi filmnya harus film lawas karena pasti ceritanya orisinil. Akhirnya saya direkomendasikan oleh teman untuk menonton Wait Until Dark. Saya pun menonton film ini dengan ekspektasi yang tinggi.




Tapi tampaknya ekspektasi saya terlalu berlebihan sehingga kesan menegangkan yang diharapkan tidak begitu berkesan. Untuk plot ceritanya, saya acungin jempol karena memang bagus dipadu dengan alur cepat. Begitu pun akting pemainnya, brillian! Terutama siapa lagi kalau bukan sang aktris utama, Audrey Hepburn yang ternyata mampu memerankan peran seorang wanita yang buta dengan apik. Pemain lainnya yang mencuri perhatian adalah sang villain sendiri Alan Arkin. 



Wait Until Dark bercerita tentang seorang wanita buta bernama Susy Hendrix (Audrey Hepburn), istri dari Sam (Efrem Zimbalist Jr.), seorang fotografer yang dititipi sebuah boneka oleh seorang wanita ketika di bandara. Harry Roat, yang merupakan kenalan wanita yang menitipkan boneka pada Sam, menyuruh Mike Talman (Richard Crenna) dan Carlino (Jack Weston) untuk menemukan boneka yang diisi heroin tersebut di rumah Sam. 



Ketika Sam pergi ke luar kota, Mike berpura-pura menjadi teman Sam. Dibantu oleh Roat dan Carlino, mereka menipu Susy demi mencari dimana boneka tersebut berada. Kendati Susy buta, namun ternyata usaha pencarian boneka tersebut tidaklah mudah. Apalagi Susy dibantu oleh seorang gadis kecil yang merupakan tetangganya bernama Gloria (Julie Herrod).
 


Hmm.. di awal saya bilang saya terlalu berlebihan memberikan ekspektasi pada film ini. Alasannya karena adegan menegangkan yang saya dapat terlalu sebentar. Ketegangan yang singkat itu memang merupakan klimaks dari film ini, dimana Susy harus berhadapan satu lawan satu dengan Roat di ruangan yang gelap. Saya sarankan, anda sedikit berhati-hati ketika di scene ini karena bakal ada surprise yang menanti anda, the most memorable scene in the movie, seperti yang anda dapat ketika anda menonton Psycho. Bahkan scene ini jauh lebih menegangkan dan mungkin bisa membuat anda berteriak seketika. Tapi sayangnya, saya nggak teriak (Ahh..!!). Yah, memang salah saya sendiri menontonnya tidak malam hari seperti ketika saya menonton The Spiral Staircase sehingga sensasinya kurang terasa. Tapi, horor dalam film ini memang cukup mencekam tanpa harus menyajikan sosok hantu atau monster. 



No comments:

Translate

Waiting Lists

Sur mes lèvres.jpg Dark, brown-tinted and horror-themed image of a man in an asbestos-removal suit (to the right side of the poster), with an image of a chair (in the middle of the image) and an image of a large castle-like building at the top of the image. The text "Session 9" is emboldened in white text in the middle of the image, and near the bottom of the image is written, "Fear is a place." Lisbeth Salander with Mikael Blomkvist The Girl Who Played with Fire.jpg Page turner.jpg Le trou becker poster3.jpg Nightwatch-1994-poster.jpg Headhunter poster.jpg On the Job Philippine theatrical poster.jpg The Song of Sparrows, 2008 film.jpg The-vanishing-1988-poster.jpg Three Monkeys VideoCover.png