April 21, 2013

Millennium Actress (2001)



Millennium Actress (2001)







Millennium Actress (2001)
Sennen joyû 
Animation | Drama | Romance
Director: Satoshi Kon
Music: Susumu Hirasawa
Release date(s): July 28, 2001 (Fantasia), September 14, 2002 (Japan)
Running time: 87 minutes
Country: Japan
Language: Japanese

Starring
Miyoko Shoji
Mami Koyama
Fumiko Orikasa
Shōzō Iizuka




 
Genya Tachibana, seorang TV interviewer dan filmmaker beserta seorang kameramen, Kyoji Ida melacak keberadaan seorang aktris terkenal yang telah lama menghilang dari dunia artis, Chiyoko Fujiwara. Tachibana memberikan sebuah kunci pada Chiyoko yang ternyata mempunyai banyak kenangan dalam hidupnya. Kunci tersebut diberikan oleh seorang pelukis dan revolusioner yang dibantu Chiyoko melarikan diri. Kunci tersebut juga menjadi kunci Chiyoko menjadi seorang aktris. Selagi bercerita tentang karirnya, Tachibana dan Kyoji ditarik masuk ke dalam ceritanya.
 
 
 

Millenium Actress yang mempunyai plot non-linear ini, bagi penonton sebagian penonton - terutama bagi yang baru pertama kali menonton film dengan plot model begini - akan kebingungan dengan jalan ceritanya. Dibagi dalam beberapa tahap, alur ceritanya menceritakan tentang masa lalu sang aktris, film-film yang dibintanginya dan masa kini yang saling tumpang tindih satu sama lain. Dalam kilas balik, bahkan kita sulit membedakan mana yang merupakan kisah nyata sang aktris dan mana yang hanya merupakan bagian dari cerita dalam film yang dibintanginya. 
 
  
 
 

Keikutsertaan Tachibana dan Kyoji dalam kilas balik kehidupan Chiyoko menjadi sesuatu yang unik dan menarik. Mereka berdua seolah-olah sedang meliput suatu acara atau berita secara langsung di tempat kejadian. Bahkan, dalam beberapa film yang dibintangi Chiyoko, Tachibana bisa tiba-tiba menjadi salah satu pemain dalam film tersebut dan selalu menyelamatkan sang aktris dalam situasi apapun. Dalam hal ini imajinasi kita dibiarkan bermain secara bebas untuk menafsirkan yang nyata atau hanya imajinasi belaka. 

 

Sedikit banyak anime ini mengingatkan saya pada kisah Matsuko dalam Memories of Matsuko. Tapi mengingat anime ini dibuat duluan, saya pikir justru film tersebut yang (mungkin) terinspirasi dari anime ini. Dibalut dengan sinematografi yang bagus dan menakjubkan serta dieksekusi dengan indah dan unik, Millenium Actress menjadi sajian komplit nan menarik untuk ditonton. Recommended! 
 
  
 
 











1 comment:

Fathia Mirhadiani said...

Film ini unik, diluar batas kreatif, & lumayan tearjerking!

Translate

Waiting Lists

Sur mes lèvres.jpg Dark, brown-tinted and horror-themed image of a man in an asbestos-removal suit (to the right side of the poster), with an image of a chair (in the middle of the image) and an image of a large castle-like building at the top of the image. The text "Session 9" is emboldened in white text in the middle of the image, and near the bottom of the image is written, "Fear is a place." Lisbeth Salander with Mikael Blomkvist The Girl Who Played with Fire.jpg Page turner.jpg Le trou becker poster3.jpg Nightwatch-1994-poster.jpg Headhunter poster.jpg On the Job Philippine theatrical poster.jpg The Song of Sparrows, 2008 film.jpg The-vanishing-1988-poster.jpg Three Monkeys VideoCover.png