April 26, 2015

Who Am I – No System Is Safe | Who Am I - Kein System ist Sicher (2014)

Who Am I - No System Is Safe (2014)





No System Is Safe.
Aim for the Impossible.
Enjoy the meat world as much as the net world.



Benjamin (Tom Schilling) adalah seorang pemuda introvert di dunia nyata, namun di dunia maya, dia adalah seorang hacker yang sangat handal. Kemampuannya dalam urusan komputer tersebut membawanya berkenalan dengan Max (Elyas M'Barek), Stephan (Wotan Wilke Möhring) dan Paul (Antoine Monot Jr.). Mereka berempat menamakan diri mereka CLAY (Clowns Laughing @ You) yang mempunyai misi untuk melakukan peretasan di sana-sini demi kesenangan dan ketenaran semata. Aksi mereka tersebut justru menarik perhatian Europol (Europe Interpol) yang dikepalai oleh Hanne Lindberg (Trine Dyrholm).

Film ini dibuka dengan adegan Benjamin yang memasuki sebuah kamar hotel dan melihat tiga orang terbunuh dengan cara mengenaskan. Lalu adegan pun berganti dengan interogasi yang dilakukan oleh Hanne Lindberg pada Benjamin terkait insiden tersebut. Di mulailah cerita flashback Benjamin tentang dirinya dan orang-orang yang berhubungan dengannya. Scene tersebut jadi mengingatkan kita pada scene di film The Usual Suspect dan Loft. Pace film ini bisa dikatakan lumayan cepat sehingga saya nggak sempat mengalami mati kebosanan menontonnya. Setelah beberapa bulan ini saya seperti kehilangan gairah menonton film dan sering sekali jarang bisa menuntaskan suatu tontonan dalam sekali tonton, kali ini saya seperti mendapatkan kembali gairah bergejolak ketika menonton film ini. Seru! Yeah, this movie is so much fun. Apalagi tema cyber-crime memang menjadi salah satu tema favorit saya. Dan kali ini saya merasakan sensasi yang dahsyat ketika menonton film ini. Tentunya juga karena it's not hollywood movie yang belakangan ini semakin membuat gairah menonton saya semakin lesu. Film-film dari benua Eropa memang selalu mendapat tempat terindah di mata saya.

Plotnya sendiri bisa dibilang cukup kompleks. Walau pada awalnya terkesan biasa saja namun seiring berjalannya waktu, ceritanya semakin menarik hingga akhirnya endingnya yang penuh dengan twist berlapis yang mampu menunjukkan bahwa film ini memang berkelas. Cerdas! Mungkin kata itu lebih tepat diberikan untuk plot cerita Who Am I - No System Is Safe ini. Bagaimana tidak, film besutan Baran bo Odar (dimana karya sebelumnya The Silence (2010) juga mampu memikat hati saya) ini sukses membuat saya terlihat so stupid karena semua tebakan saya salah dalam menebak twistnya. Odar begitu lihat memanipulasi naskah ceritanya sedemikian rupa sehingga kita sebagai penonton dibuat terpaksa menebak-nebak terus apa yang sebenarnya terjadi. Namun, memang sangat memuaskan melihat hasil akhir dari film ini yang membuat saya ternganga sepersekian detik sebelum akhirnya kata 'bravo' keluar tanpa sengaja dari mulut saya. Jadi, jika anda berpikir anda berhasil menebak twistnya di bagian menjelang akhir ceritanya, jangan senang dulu, karena mungkin saja anda akan terkecoh seperti saya. Tapi jika anda berhasil menebak twistnya, saya acungin dua jempol untuk anda. Sudah lumayan lama juga saya tidak menonton film dengan twist yang memuaskan seperti ini.

Who Am I – No System Is Safe semakin menarik karena dimainkan oleh para aktor yang tepat. Tom Schilling does the good job here! Performanya sangat tepat menggambarkan karakter Benjamin yang pemalu, kuper, outsider, invisible for everyone. Elyas M'Barek sukses melakoni perannya sebagai Max yang cool dan penakluk wanita. Wotan Wilke Möhring dan Antoine Monot Jr., walau perannya tak begitu banyak tapi sudah sangat cukup menghidupkan suasana. Lalu Trine Dyrholm yang penampilannya bagus sekali dan saya suka dengan karakternya yang tegas dan menunjukkan sosok perempuan hebat dan kuat masa kini. Namun sayangnya saya merasa Hannah Herzsprung kurang cocok dengan karakter Marie terutama karena faktor wajahnya yang terlihat sedikit lebih tua dari Tom (dan ternyata memang dari segi umur Hannah juga lebih tua setahun dari Tom).

Lewat sajian penuh aksi seru dan menegangkan serta penasaran tingkat tinggi, Who Am I – No System Is Safe wajib anda coba. Apalagi film ini ditutup dengan twist manis yang mencengangkan. And you know what, sudah bisa diprediksi Hollywood bakal meremake film ini. Oh sighhh!!






Title: Who Am I – No System Is Safe / Who Am I - Kein System ist Sicher | Genre: Thriller | Director: Baran bo Odar | Release date: 6 September 2014 (TIFF), 25 September 2014 (Germany) | Running time: 105 minutes | Country: Germany | Language: German, English | Cast: Tom Schilling, Elyas M'Barek, Hannah Herzsprung, Wotan Wilke Möhring, Antoine Monot Jr., Trine Dyrholm | IMDb













6 comments:

02k said...

"Setelah beberapa bulan ini saya seperti kehilangan gairah menonton film dan sering sekali jarang bisa menuntaskan suatu tontonan dalam sekali tonton."

gara2 harddisk kah ? :) aniwei, Who am I ngga terlalu wow klo ane blg. Terlalu mudah bagi seorang Benjamin masuk di area yg boleh dikata pengamanannya sangat ketat. Tp untuk urusan twist emg cukup menjebak ane 2x.

7/10

Radira said...

Hey, how could you know that O2K? :D
Bukan itu sih alasan sebenarnya. Berhubung belakangan ini saya melahapnya Holly movie semua yang selalu bisa ditebak seperti apa jalan ceritanya makanya gairah menonton saya jadi seketika hilang.

Dibanding dengan typically hollywood movie yang saya tontonlah, maka saya mengatakan bahwa film ini seru terlepas dari masih adanya kekurangan disana-sini :)

Thank you for coming and comment ;)

Unknown said...

konnichiwa....
sepertinya Anda mahir bahasa Jepang ya....

bolehkah kita berbagi link ?
ini blog saya di [iza-anwar.blogspot.com]
jangan lupa klik follow di pojok kanan atas juga ya ?

terima kasih sebelumnya. doumo arigatou

Radira said...

Konnichiwa Iza-san :)

Nggak mahir kok hanya bisa beberapa kata doang karena demen nonton film/dorama/anime :D

Haik..haik.. linknya udah dipasang ya.. arigatou :)

Unknown said...

mantap sekali nih felem...ane bisa dikatakan telat padahal nih film kan dr 2014 baru nonton hari ini sept 2015.. tp engga apa2 yg penting ane puas..bagi orang IT ataupun bkn pasti ngerti apa yang di sampaikan dr film ini..bravo and good job.thanks buat resensi nya

Unknown said...

Menurut saya aksi di film asik. Kalau keakuratan aksi hackingnya mungkin memang gak sedetail Mr. Robot. Tapi sisi yg ditonjolkan mungkin memang garis besar aksi peretas/cracker

Translate

Waiting Lists

Sur mes lèvres.jpg Dark, brown-tinted and horror-themed image of a man in an asbestos-removal suit (to the right side of the poster), with an image of a chair (in the middle of the image) and an image of a large castle-like building at the top of the image. The text "Session 9" is emboldened in white text in the middle of the image, and near the bottom of the image is written, "Fear is a place." Lisbeth Salander with Mikael Blomkvist The Girl Who Played with Fire.jpg Page turner.jpg Le trou becker poster3.jpg Nightwatch-1994-poster.jpg Headhunter poster.jpg On the Job Philippine theatrical poster.jpg The Song of Sparrows, 2008 film.jpg The-vanishing-1988-poster.jpg Three Monkeys VideoCover.png