December 03, 2015

The Gilded Cage | La Cage Dorée (2013)


 
The Gilded Cage (2013)







Selama tiga puluh tahun, pasangan Maria (Rita Blanco) dan José Ribeiro (Joaquim de Almeida) telah tinggal di lantai dasar bangunan Haussmannian di salah satu distrik paling eksklusif di Paris. Setiap orang menyukai pasangan imigran Portugis tersebut. Suatu hari, pasangan tersebut mengumumkan keinginan mereka untuk kembali ke Portugal. Hal tersebut ternyata membuat orang-orang yang mereka kenal menjadi sedih. Orang-orang di sekitar mereka pun lalu mensabotase rencana mereka dan membuat mereka merasa menjadi bagian seutuhnya dari masyarakat Perancis. Berhasilkah rencana tersebut membuat pasangan Maria dan José untuk membatalkan rencana mereka kembali ke kampung halaman mereka?

The Gilded Cage yang berjudul asli La Cage Dorée memang mempunyai plot yang tidak original dan pasti sering ditemui dalam film yang mengangkat tentang culture clash seperti ini, tetapi penyajiannya yang fresh dengan dialog yang berkualitas, dan para pemainnya yang bermain bagus, membuat film ini enak untuk dinikmati. Film ini juga cukup lucu dan menghibur. Tak perlu berpikir rumit untuk menontonnya. Setiap adegannya terasa menyenangkan untuk dinikmati. Apalagi durasinya pun tak terlalu lama, hanya 90 menit sehingga tidak akan merasakan kebosanan kala menontonnya.

The Gilded Cage yang menggambarkan potret diri dari komunitas masyarakat Portugis di Perancis ini memang merupakan penggambaran sempurna dari generasi emigran Portugis dimana mereka adalah tipe pekerja keras, rendah hati, mencintai negara di mana mereka tinggal, namun tidak melupakan hal-hal sederhana yang mereka cintai dari negara asalnya Portugal seperti makanan-makanan yang enak atau sepakbola. Film ini pun tak luput menggambarkan hubungan antara imigran Portugal dan penduduk asli, orang tua dan anak, karyawan dan atasan, para tetangga, kekasih, dan juga sanak saudara dalam komunitas kecil yang berada di tengah kota Paris tersebut. Sedikit banyak kita sebagai penonton diajak mengenal lebih jauh tentang kehidupan para imigran Portugal tersebut di negara lain; Prancis khususnya. Dengan sentuhan komedi yang pas, semakin membuat kita enjoy untuk menikmati film ini. Adegan ketika undangan makan malam benar-benar lucu dan menghibur. Namun selain ceritanya yang penuh komedi, disisipi juga beberapa adegan yang sedih tetapi tidak serta merta merusak genre filmnya yang memang komedi. Pengambilan shot yang indah dan bagus di beberapa tempat, menambah daya tarik film ini. Sayangnya, settingnya hampir 99% persen berpusat di Paris saja. Padahal jika setting dilakukan juga di negara lain (selain Perancis dan Portugal), akan sangat sesuai dengan tema filmnya sendiri tentang imigran yang mendambakan untuk kembali ke kampung halaman mereka. Film ini terasa lebih hidup karena sang sutradara, Ruben Alves ternyata merupakan anak dari pasangan orang tua Portugis yang beremigrasi ke Perancis. Sepertinya film ini menjadi kado manis untuk kedua orang tuanya. Selain itu, Rita Blanco dan  Joaquim de Almeida merupakan aktor Portugal. Penampilan kedua pemain tersebut memang berhasil menghidupkan karakter Maria dan José dengan sangat baik, terutama Rita Blanco dengan performance-nya yang sangat bagus di film ini.

Jika anda sedang ingin menonton film dengan cerita yang simpel, fun, lucu, menghibur, menyenangkan namun juga realistik, The Gilded Cage bisa menjadi salah satu alternatif tontonan. Film yang sangat pas dinikmati di kala senggang atau ketika sedang makan.









Title: The Gilded Cage / La Cage Dorée | Genre: Comedy | Director: Ruben Alves | Release date: 24 April 2013 | Running time: 90 minutes | Country: France, Portugal | Language: French, Portuguese, English | Cast: Rita Blanco, Joaquim de Almeida, Roland Giraud, Chantal Lauby, Barbara Cabrita, Lannick Gautry | IMDb | Rotten Tomatoes














No comments:

Translate

Waiting Lists

Sur mes lèvres.jpg Dark, brown-tinted and horror-themed image of a man in an asbestos-removal suit (to the right side of the poster), with an image of a chair (in the middle of the image) and an image of a large castle-like building at the top of the image. The text "Session 9" is emboldened in white text in the middle of the image, and near the bottom of the image is written, "Fear is a place." Lisbeth Salander with Mikael Blomkvist The Girl Who Played with Fire.jpg Page turner.jpg Le trou becker poster3.jpg Nightwatch-1994-poster.jpg Headhunter poster.jpg On the Job Philippine theatrical poster.jpg The Song of Sparrows, 2008 film.jpg The-vanishing-1988-poster.jpg Three Monkeys VideoCover.png